Langsung ke konten utama

Membuat Surat Kesehatan Rohani

Saat mengurus Nomor untuk Pendidik (NUP), satu di antara syarat adalah Surat Keterangan Sehat Rohani. Untungnya dari pihak Fakultas memberi petunjuk, dimana saja proses pembuatan surat syarat-syarat pengajuan.
"Surat Kerohanian di RSJ, dan Bebas Narkoba di Bhayangkara".
Surat ini tidak hanya untuk NUP, NIDK, NIDN, persyaratan pemberkasan PNS, caleg, dan mau jadi Rektor juga memerlukan surat ini.
Saya membuatnya sudah beberapa bulan lalu, ada beberapa yang masih saya ingat. Semoga ini bisa membantu. Tapi, kalau ada yang keliru, maaf lah 珞.
Dimana RJS untuk kota Pontianak? Yup, di Jalan Alianyang. Kamu bisa ke pintu utama. Lalu info ke petugas tujuan kamu.
"Bang, saya mau buat Surat Keterangan Rohani", Babang-na cukup cakep ☺️.
Nanti ditanya, ada bawa syaratnya?
Syaratnya kopian KTP dan foto 4*6 2 lembar. Saya Warna waktu itu. Jadwal untuk tes mendapat surat ini ada setiap hari. Jadi kamu bisa bawa syaratnya, tunggu nanti akan diproses.
Ada pembayarannya loh. Jadi, siapkan juga pundi-pundimu. Lumayan, sama dengan honor mengajar . Jikalau tidak salah Rp280.000.
Nanti, kita akan dialihkan ke ruangan tes. Ruangannya tidak jauh gaes, di samping kiri kasir.
Ada meja panjang di ruangan tersebut, dan di situlah kita tes. Akan ada wajah baru yang kamu lihat. Jangan sungkan,santai. Sebab, mereka tidak sempat melempar senyum dengan kamu. Di hadapan mereka telah terpampang nyata lembar tes.
Awalnya kita akan dikasi lembar form dan di situ ada peryataan-pernyataan yang menunjukkan sikap kita. Jangan lupa mengisi identitas kamu. Seingat saya sekitar 75 pernyataan. Lalu selanjutnya, ada sekitar 515 pernyataan yang juga harus diselesaikan.
Kata orang kalau mau Psikotes baiknya Ndak boleh letih. Saya rasa itu benar sekali.
Apakah tes ini akan selalu memberikan hasil Lulus? Tidak!
Ternyata ada juga yang tidak lulus. Nah kata teman, jika tidak lulus tidak perlu bayar lagi. Kalau kamu tidak lulus, kamu bisa mengulang.
Setelah semua kamu isi, kamu akan diarahkan ke ruangan apa ya namanya, pokoknya di ruangan tempat lembar kita diberikan. Masih satu koridor dengan ruangan sebelumnya. Di sebelah kanan kasir.
Waktu itu sekitar 20-30 menit saya menunggu. Kemudian dipanggil untuk wawancara. Pertanyaan yang diberikan kepada saya waktu itu; "Apakah ibu pernah mendengar suara aneh *mahluk halus Chin*", saya jawab "Ya".
Are you know, It is call me "Da".
Tapi, waktu itu yang tidak hanya saya yang mendengar. Ricuhnya, siang bolong boook.
Lewatkan masalah ini. Pernyataan yang menyedihkan, menurut dokter saya ini kurang empati..
"Ya ampun, dok. Kurang empati apa saya ini".
"Ya ini berdasarkan jawaban anda. Ditingkatkan ya buk".
Gitu katanya.
Kucing hampir K.O saja, saya larikan ke dokter hewan lalu saya pelihara hingga ia bisa hidup mandiri.
Bapak-bapak ngomel habis nabrak anak SMA, bapaknya saya omelin walau anak SMA dianggapnya salah.
Kesian anaknya, masih tersimpuh di aspal si bapak-bapak masih membahas "Adek tu mau kemane, ngape laju-laju, Ndak Ade lampu sen".
Ya .. cerita ini kita skip lagi ya 
Di pernyataan itu memang ada pernyataan, seperti kalau ada orang yang berbuat salah yang kita lakukan....
Ya saya jawab, biarin ajalah ntar dianggap kepo kehidupan orang. Nanti dia tersinggung bla BLA BLA
Nah, hanya itu si pertanyaan untuk saya, lalu dokternya bilang saya lulus. Tapi guys, ternyata teman saya dinyatakan lulus tapi dengan catatan. Dia dikasi resep . Nah Lo?
Setelah mengurus surat kelulusan, kita diminta untuk cek data. Kemudian disampaikan bahwa surat bisa diambil pukul 14.00, hari itu juga.
Tidak lama bukan?
surat Kerohanian, surat jasmani rohani, NUP, NIDN, NIDK, Pemberkasan CPNS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Riwayat Hidup: Farninda Aditya

  DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI Nama Lengkap                            : Farninda Aditya NIP                                                                  : 199008242019032012 Jabatan                                                  : Penata Muda Tk.I, (III/b) Asisten Ahli Jabatan Tambahan                             : Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Dosen Pengampu                              : Mata Kuliah Bahasa Indonesia                                           Tempat/tanggal lahir                   : Mempawah, 24 Agustus 1990 Jenis kelamin                               : Perempuan Agama                                         : Islam Ruang                                                     : 210, Lantai II,  Gedung Prof. KH Saifuddin Zuhri GOOGLE SCHOOLAR             :   https://bit.ly/3lqX6US Silakan unduh dan sitasi pada       : MODERATION OF LANGUAGE IN A DIFFERENT FAMILY ENVIRONMENT (Language Moderation in The Multi-Ethnic Family Circumstances) | IC

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui jaringan ini, terkait media yang akan digunakan p

Bedences

Cuci Motor Bdences. Itulah nama tempat penyucian motor yang saya lihat di daerah Bakau Besar, Kabupaten Mempawah. Di sekitar tikungan, di dekat masjid. Tidak terlalu jauh setelah jembatan yang diperbaiki tahun lalu.   Baru kali ini melihat tempat cuci tersebut   setelah hampir tiga bulan tidak balik kampung. Saya menyimpulkan, tempat ini adalah baru. Namun, yang menarik dari perhatian saya bukan gambaran tempat penyucianya, bukan fasilitasnya, bukan orang yang sedang menyuci. Tapi, Bdences yang menjadi nama tempat pencucian ini.  Bdences mengingatkan saya dengan kata populer   yang digunakan remaja-remaja di Jalan Bawal. Bawal adalah nama gang yang ada di sekitar Pasar Sayur Mempawah.   Batasan-batasan jalan ini sempat saya tanyakan pada seorang teman yang tinggal di sana. Menurutnya Jalan Bawal I berada di samping Lapangan Tenis, Bawal II   berada di seberang Jalan menuju Pasar Sayur menyeberangi jalan menuju Tol Antibar. Bawal II berada   di belakang SD Negeri 1 Mempawah atau