Langsung ke konten utama

100% Untuk #GAZA



Awal ceritanya begini: 

#GAZA
Hi, Fredy dan tim akan mengkoordinir bantuan/sumbangan untuk membantu saudara-sudara  di GAZA. Gerakan ini murni solidaritas kemanusiaan. Tidak ada unsur AGAMA atau POLITIK di dalamnya. Cara memberi bantuan: 1. Kami menjual buku. Hasil penjualan 100% akan disumbangkan langsung melalui Majalah Enggang Kapuas ke GAZA. 2. Jika teman-teman ingin membantu/ikut menyumbang. silakan membeli buku-buku di bawah ini. a. The Magic of Reading (Buku motivasi dan tips tentang membaca, Rp. 30.000,-) b. Sepi (Kumpulan Puisi, Rp. 20.000,-) c. Aku dan Dia (Kumpulan puisi dan cerpen, Rp. 30.000,-). 3. Bergabung bersama kami dalam kegiatan ini. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi: Fredy 085345443368. Waktu sampai Sabtu, 19 Juli 2014. Terima kasih. #sorryBC Bantu Share ya. Tks

Itu adalah BC yang dapat dari Bang Pay. Fredy adalah seorang penulis buku puisi yang saya kenal tahun 2011 silam. Saya tidak mengenalnya langsung hanya melalui bukunya berjudul Kumpulan Puisi: Sepi. Buku itu dikenalkan oleh Rendy Rian, siswa kelas VIIIB di SMP Negeri 8 kala itu. Rendy suka menulis, saya megetahui hal tersebut sering diskusi denganya tentang tulisan. Dan, suatu hari dia pun menunjukan buku Fredy pada saya. Buku ini juga lah yang memotivasi Rendy untuk bekarya. Rendy suka menulis cerita fantasi halnya Harry Potter karenanya dia berhasil menulis buku The Adventure of Aurora. Tapi, selain menulis cerita fantasi Rendy juga suka menulis puisi.

Setelah beberapa tahun mengenal Fredy dari Rendy, kemarin Jumat, 18 Juli 2014 saya bertemu langsung dengan Fredy. Semua itu bermula dari "Fredy dan tim akan mengkoordinir bantuan/sumbangan untuk membantu saudara-saudara di GAZA". Saya langsung mem-BC di kontak saya , BC-an dari Bang Pay itu langsung mendapat respon dari beberapa teman, sayangnya buku tidak ada di saya, dan saya pun tidak terlalu tahu tentang buku yang ditawarkan, tentang majalah Enggang Kapuas pun saya tak dapat jelaskan. Saat ditanya tentang Enggang Kapuas saya bilang "Majalah Sastra kalik", saya teringat dengan kumpulan puisi Bang Pay,dkk: Sarang Enggang. Saya pun tak banyak mengetahui tentang Fredy, saya hanya tahu dia adalah penulis buku puisi: Sepi dari Pontianak, orang Tionghoa. Gegara itu, hasil BC saya mengagalkan 10 pesanan buku The Magic of Reading dan masih samar untuk satu pemesan.

Setelah bertemu Fredy kemarin sepertinya jika ada yang bertanya tentang kegiatan solidaritas ini saya dapat menjelaskannya. Fredy penulis dari tiga buku yang ditawarkan. Buku yang dijual ini 100% untuk GAZA. Fredy yang telah menerbitkan buku dengan jumlah ribuan buku, misalnya Kumpula Puisi; Sepi menerbitkan 2000-an buku mengaku sudah merasa cukup dengan hasil penjualan tersebut. Untuk aksi ini, dirinya ingin semua hasil penjualan diberikan. Fredy tahu, bahwa yang dibutuhkan saudara di GAZA sana adalah Dana. 

"Dari seorang dokter Indonesia yang baru saja pulang dari sana, dia bilang bahwa yang dibutuhkan di sana itu adalah dana, untuk membangun rumah sakit, misalnya" begitu lah kira-kira yang disampaikan Fredy, sore itu di Pustaka Cafe, Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat.

Fredy mendapat info tersebut dari kenalanya dan hal tersebut semakin meyakinkan dirinya untuk melakukan aksi ini. Bersama kenalanya yang lain di Majalah Enggang Kapuas, niat itu pun dimulai. Majalah Enggang Kapuas yang mulanya saya pikir adalah majalah Sastra ternyata majalah wisata yang khusus membahas tentang Kalimantan Barat. Majalah ini didistribusikan di Kalimantan Barat dan Bali. Hal ini pula lah yang membuat Fredy yakin mengumpulkan dana untuk Gaza, melalui majalah yang dibaca oleh orang-orang bertaraf internasional aksi pun ditujukan kepada permasalahan internasional saat ini.

Fredy pun sedang merekrut tim untuk melanjutkan gerakan ini. Niatnya, tiap orang dapat menjual 10-20 buku, jika tidak salah ada 1100 buku yang disiapkan. Fredy memberikan kepercayaan paa memberi atau tim secara personal untuk membawa bukunya. Modal percaya dengan niat untuk aksi sosial. Kegiatan inti akan dimulai Senin ini hingga tiga hari kedepan. Hal tersebut menyesuaikan jadwal penerbitan Majalah Enggang Kapuas.

Cara ini memang lebih kreatif. Orang dapat menyumbang dan orang mendapatkan buku. Dan, tentu saja isi dalam buku pun dapat diambil pembelajaran di dalamnya.

Seperti yang disampaikan di BC itu. Gerakan ini murni untuk solidaritas manusia, tidak berkaitan dengan agama atau politik. Tidak juga berkaitan pada suku dan bisnis. Saya membantu dengan cara ini, mau ikut? Kontak saya: 085750632668

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Riwayat Hidup: Farninda Aditya

  DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI Nama Lengkap                            : Farninda Aditya NIP                                                                  : 199008242019032012 Jabatan                                                  : Penata Muda Tk.I, (III/b) Asisten Ahli Jabatan Tambahan                             : Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Dosen Pengampu                              : Mata Kuliah Bahasa Indonesia                                           Tempat/tanggal lahir                   : Mempawah, 24 Agustus 1990 Jenis kelamin                               : Perempuan Agama                                         : Islam Ruang                                                     : 210, Lantai II,  Gedung Prof. KH Saifuddin Zuhri GOOGLE SCHOOLAR             :   https://bit.ly/3lqX6US Silakan unduh dan sitasi pada       : MODERATION OF LANGUAGE IN A DIFFERENT FAMILY ENVIRONMENT (Language Moderation in The Multi-Ethnic Family Circumstances) | IC

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui jaringan ini, terkait media yang akan digunakan p

Bedences

Cuci Motor Bdences. Itulah nama tempat penyucian motor yang saya lihat di daerah Bakau Besar, Kabupaten Mempawah. Di sekitar tikungan, di dekat masjid. Tidak terlalu jauh setelah jembatan yang diperbaiki tahun lalu.   Baru kali ini melihat tempat cuci tersebut   setelah hampir tiga bulan tidak balik kampung. Saya menyimpulkan, tempat ini adalah baru. Namun, yang menarik dari perhatian saya bukan gambaran tempat penyucianya, bukan fasilitasnya, bukan orang yang sedang menyuci. Tapi, Bdences yang menjadi nama tempat pencucian ini.  Bdences mengingatkan saya dengan kata populer   yang digunakan remaja-remaja di Jalan Bawal. Bawal adalah nama gang yang ada di sekitar Pasar Sayur Mempawah.   Batasan-batasan jalan ini sempat saya tanyakan pada seorang teman yang tinggal di sana. Menurutnya Jalan Bawal I berada di samping Lapangan Tenis, Bawal II   berada di seberang Jalan menuju Pasar Sayur menyeberangi jalan menuju Tol Antibar. Bawal II berada   di belakang SD Negeri 1 Mempawah atau