Langsung ke konten utama

Nama pada Tokoh The Hunger Games




Buku tersebut berjudul Guide to the Hunger Games yang ditulis oleh Caroline Carpenter. Buku ini ditulis sebagai panduan  untuk membaca trilogi Hunger Games karya Suzanne Collins, diterbitkan oleh  Gradien Mediatama (2014) Trilogi The Hunger Games adalah buku terlaris untuk The New York Times.  Buku pertama –The Hunger Games- dan kedua berjudul Catching Fire, keduanya telah difilmkan. 

The Hunger Games bercerita tentang perjuangan seorang gadis bernama Katniss yang mengikuti The Hunger Games.  Panem adalah nama negara dalam cerita ini dan dipimpin oleh Presiden Snow yang memerintah secara diktator. The Hunger Games hadir untuk memperingatkan para pemberontak yang dilakukan oleh 12 Distrik pada pemerintahan Panem. Adanya The Hunger Games bertujuan untuk mengingatkan pada orang-orang yang terbunuh akibat perang  dan menyatakan bahwa pemerintahan Panem sangat berkuasa. 

Mencekiknya, di arena Hunger Games peserta harus saling membunuh dan hanya ada satu pemenang, yakni orang yang bertahan hidup. Pesertanya adalah satu laki-laki dan satu perempuan dari distrik yang namanya diundi. Dan, kehadiran Katniss di Hunger Games karena dia menggantikan adiknya bernama Primose atau dipanggil Prim. Sedangkan, peserta laki-laki seorang pemuda bernama Peeta yang suatu hari pernah membantu Katniss  dan keluarganya terhindar dari kelaparan dengan memberinya roti. Di Arena Katniss mengandalkan kepandaianya memanah yang memang dilakukanya setiap hari bersama  Gale pemuda-yang menjadi sahabat karibnya- berburu di hutan. 


Saat ini saya menyatakan bahwa: Apa Arti Sebuah Nama?  adalah bagian paling super di buku Guide to the Hunger games. Pembentukan nama pada tokoh The Hunger Games dijelaskan secara rindi. Nama ini apabila dikaitkan dengan bahasa berada pada fungsi bahasa yakni labeling atau naming. Ini memberikan penjelasan pada saya, bahwa dalam memberi nama pada tokoh cerita diperlukan analisis sehingga nama memiliki makna yang bepengaruh pada karakter tokoh. Dan, itulah yang dilakukan oleh Collins. Nama yang dibentuknya tidak sekadar nama, nama mewakilkan karakter tokor dan penuh filosofinya.

Sebelumnya, di bagian awal ada bahasan mengenai nama Panem yang berasal dari ungkapan Latin, pane et circense  yang berarti roti dan sirkus. Nama tersebut dihubungkan dengan makanan dan permainan.  Di cerita The Hunger Games, anak yang berusia 12-18 tahun dapat memasukan namanya lebih banyak pada kotak pengundian, nama tersebut akan menjadi nama yang kemungkinan  besar terpilih sebagai peserta dan sebagai balasan mendapatkan persediaan gandum dan minyak. 

Pembentukan nama Katniss diambil dari nama suatu tanaman. Akar tanaman berbentuk umbi yang dapat dimakan. Penjelasan pemilihan Collins tokoh protogonisnya yang pemberani sangatlah masuk akal. Dikatakan bahwa Katniss erat kaitanya sebagai gadis muda yang hidup bersama alam. Tumbuhan Katniss tumbuh di hutan. Tokoh Katniss akan merasa sangat  betah apabila berada di hutan. Tumbuhan Katniss menyerupai sebuah mata panah dan daunya berbentuk runcing. Rupa tumbuhan ini menguatkan karakter tokoh Katniss yang sangat ahli memanah dan memiliki kekuatan yang berasal dari dalam dirinya.  

Pembelajaran berkenaan dengan seluk beluk dan makna nama akan dijumpai pada tokoh-tokoh lainya.  Penjelasan berkenaan nama tokoh Katniss adalah satu dari sebelas nama yang dijelaskan dalam Guide to the Hunger Games. Primose Everdeen, Gale Hawthone, Peeta Mellark, Haymitch Abernathy, Effie Trinket, Cinna, dan Presiden Coriolanus Snow mendapatkan sorotan di buku panduan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Riwayat Hidup: Farninda Aditya

  DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI Nama Lengkap                            : Farninda Aditya NIP                                                                  : 199008242019032012 Jabatan                                                  : Penata Muda Tk.I, (III/b) Asisten Ahli Jabatan Tambahan                             : Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Dosen Pengampu                              : Mata Kuliah Bahasa Indonesia                                           Tempat/tanggal lahir                   : Mempawah, 24 Agustus 1990 Jenis kelamin                               : Perempuan Agama                                         : Islam Ruang                                                     : 210, Lantai II,  Gedung Prof. KH Saifuddin Zuhri GOOGLE SCHOOLAR             :   https://bit.ly/3lqX6US Silakan unduh dan sitasi pada       : MODERATION OF LANGUAGE IN A DIFFERENT FAMILY ENVIRONMENT (Language Moderation in The Multi-Ethnic Family Circumstances) | IC

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui jaringan ini, terkait media yang akan digunakan p

Bedences

Cuci Motor Bdences. Itulah nama tempat penyucian motor yang saya lihat di daerah Bakau Besar, Kabupaten Mempawah. Di sekitar tikungan, di dekat masjid. Tidak terlalu jauh setelah jembatan yang diperbaiki tahun lalu.   Baru kali ini melihat tempat cuci tersebut   setelah hampir tiga bulan tidak balik kampung. Saya menyimpulkan, tempat ini adalah baru. Namun, yang menarik dari perhatian saya bukan gambaran tempat penyucianya, bukan fasilitasnya, bukan orang yang sedang menyuci. Tapi, Bdences yang menjadi nama tempat pencucian ini.  Bdences mengingatkan saya dengan kata populer   yang digunakan remaja-remaja di Jalan Bawal. Bawal adalah nama gang yang ada di sekitar Pasar Sayur Mempawah.   Batasan-batasan jalan ini sempat saya tanyakan pada seorang teman yang tinggal di sana. Menurutnya Jalan Bawal I berada di samping Lapangan Tenis, Bawal II   berada di seberang Jalan menuju Pasar Sayur menyeberangi jalan menuju Tol Antibar. Bawal II berada   di belakang SD Negeri 1 Mempawah atau