Langsung ke konten utama

Hai 2014. Mari Berbahagia dengan Saya :* (Mengenang resolusi 2013)


Halo 2014. Perkenalkan, saya Farninda Aditya. Seorang perempuan yang sedang menuju angka 24 untuk usianya di tahun 2014. Ya, akan berlanjut ke tahun-tahun berikutnya hingga waktu yang telah ditentukan.

Halo 2014. Berbahagialah bersama saya. Saya punya banyak target pada tahun 2013 yang belum berhasil saya capai. Saya mohon, kamu mau menerima saya. Bekerjasama dengan saya untuk mencapai target-target tersebut.

Ah 2014. Saya jatuh cinta sama kamu. Eh?

Ya. Ya baiklah. Saya tahu dan kamu pun tahu apa maksud saya.
Ya. Ya. Saya tidak akan menggoda kamu dengan kata-kata manis saya itu. Kamu tidak perlu kata-kata manis dari saya tetapi tindakan saya yang menjadi bukti kan?
Iya, iya. Saya akan lakukan dengan serius. Lagi pula, tidak enak rasanya membiarkan mimpi-mimpi saya masih bergelantungan. Saya ingin menjadikan mimpi itu menjadi nyata, di tahunya kamu ini. Mungkin tidak semua, tetapi beberapa.
 Ya, jika ada kemungkinan belum tercapai berarti ada jalan untuk tercapai kan. 

Hem. Saya ingin bercerita tentang apa yang saya capai di tahun 2013 ini. Resolusi yang saya lakukan tahun lalu adalah Jadi Sarjana.

Alhamdulillah akhirnya saya Sarjana. Menyelesaikan pendidikan saya pada tanggal 06 Maret 2013 dan Wisuda pada tanggal 16 Mei 2013. Saya jadi ingat pada masa KKL jikalau tidak salah juga tanggal 06 2012. Alhamdulillah juga saya berhasil menjadi 5 besar yang rampung kuliahnya. Saya juga mendapatkan konversi A untuk skripsi saya. 

Saya juga berhasil menerbitkan buku pengalaman menulis Skripsi yang judulnya Skripsihisteria.


Satu hari selesai sidang saya ikut Pembimbing Club Menulis mengajar mata kuliah Karya Ilmiah, tepatnya pada tanggal 07 Maret 2013. Hingga sekarang saya ikut beliau juga mengajar Bahasa Indonesia dan Linguistik Umum di dua Perguruan Tinggi di Pontianak.
Oh Iya, saya juga akhirnya merasakan bagaimana masuk Tv dan Radio. Hahaha masuk? Siaran maksudnya. Pada tanggal 16 Mei 2013 itu saya menjadi  tamu di Ruai Tv, membahas buku Kalbar Berimajinasi. Sebelumnya, pernah menjadi tamu di acara Resensi Buku di RRI Pro 2, serta menjadi penyiar di suatu malam di RRI Pro 1.
Bagian ini adalah mimpi saya dulu. Duluuuuuuuu sekali. Saya ingin merasakan bagaimana jadi penyiar dan bekerjasama dengan kru Tv. Alhamdulilah terwujud. Terwujud setelah saya hampir lupa pada mimpi itu.
Saya juga ikut les bahasa Inggris di Excellence, saya lulus loh meskipun dengan konversi C. Tapi ini sudah bagus untuk orang yang seperti saya. Hahah. Saya berusaha sekali pas ujian. Saya pucat kata teman-teman di kelas. Mereka melihat kegugupan saya menghadapi ujian. Bahkan Mr. Rio bilang, kelasnya itu selalu ada yang remidi L. Eh ternyata saya lulus, dan saya bisa mengikuti level berikutnya. Sayang di level ini saya tidak bisa melanjutkan. Saya mesti memilih.
Pada bulan Juli saya ikut tes Program Magister Bahasa Indoensia. Pengurusanya sejak bulan Mei-Juni gitulah.
Kuliah dimulai pada bulan September. Sekarang saya dapat mewujukan mimpi saya melanjutkan pendidikan strata 2. Semoga berkah. Semoga lancar, terima kasih utuk dukungan dari semua orang.

Ada beberapa kategori resolusi yang saya buat tahun 2013 ini. Lebih rinci. Lebih beraturan, lebih nyama  melihatnya dan lebih mudah saat mencoret yang sudah dicapai. Hihihih.

Kategori 1: Akademik
Rampung skirpsi, ujian, dan mendaftar S2.
Alhamdulilah semua terwujud.

Kategori 2: Sosialisasi
Club Menulis,Inggris, Seminar, Ikut penelitian dosen atau mahasiswa, Desain buku dan cover, Menjadi pemateri nulis.

Sosialisasi ini maksudnya saya mencoba untuk menyesuaikan diri di lingkungan ini. Membawa diri pada kelompok-kelompok menulis. Kelompok yang senang bahasa Inggris. Kelompok dosen atau mahasiswa yang melakukan penelitian. Kelompok desainer grafis, dan kelompok yang menjadi pemateri penulisan.
Meskipun tidak maksimal. Alhamdulillah saya sudah masuk pada lingkungan itu. Di kelompok menulis di tahun 2013 ini saya merasa sangat wah sekali. Saya berkenalan dengan banyak penulis. Bahkan saya menjadi bagian dari @kopdarfiksi Pontianak. Kelompok menulis yang dibentuk oleh Benard Batubara, penulis muda dari Kalbar yang terkenal. Bertemu Delia Angelia, penulis yang pernah saya bahas bukunya di salah satu artikel di akhir 2012. Saya juga ikut Road Show  menulis bersama Top Indonesia. Lebih merasa dekat pada sastrawan-sastrawan di Kalbar. 

Saya bergabung dengan Excellene, ini bukti dari keseriusan saya ingin masuk di dunia bahasa Inggris. Di tahun 2013 ini saya juga lebih banyak kenal dengan bule, iri sekali dengan mereka yang bisa berbahasa Indonesia L. Saya sempat singgah ke Kampung Inggris di Singkawang, miliki Atase Kebudayaan Australia, Pak Aria Djalil. Saya juga berbicara pada Dubes Amerika, yang ada di Jakarta, Kristen F. Bauer, melalui Skype pada kegiatan  Basic Journalism Training Workshop” American Corner, UNTAN, Pontianak (UPT Perpustakaan Lt. 2) 8-9 April 2013.

Bulan April saya menjadi pemakalah dalam seminar yang diadakan Balai Bahasa Provinsi saya membahas tentang Nama Tokoh dalam Buku Kalbar Berimajinasi. Beberapa kali ikut seminar di Balai Pelestarian Nilai Budaya, bahkan saya Focus Group Discussion (FGD) Pola Dasar dan Pengembangan SDM Kebudayaan.

Bulan November tadi saya ikut seminar makalah berkenaan Pasar Tionghoa di Pontianak abad 19-20. Sesuatu yang mengejutkan saya diminta oleh penulis menjadi rekan menulisnya untuk melanjutkan penulisan buku lokal tersebut. Saya sewaktu diminta itu merasa tidak percaya. Mengapa saya orangnya? Saya merasa tidak ahli dalam hal begituan. Namun, saya berpikir ini adalah jalan untuk saya belajar. Saya mengiyakan. Hingga saat ini saya merasa belum maksimal melakukan itu semua. Suatu hari saya merasa tidak percaya diri dapat melakukan itu dengan baik. Hanya karena saya teringat dengan adanya nilai yang akan diberikan pada saya karena “kerja” saya itu. Gara-gara itu saya jadi ketakutan, takut tidak dapat melakukan seperti yang diharapkan karena ada nilai yang diberikan pada saya. Anda tidak ada penilaian-penilaian rasa percaya diri saya lebih baik dari ini. L Ini menjadi resolusi saya di tahun 2014 ini, dapat menyelesaikan proyek menulis ini dengan baik. AMIN.

Oh iya, saya juga mendesain buku Negeri Para Pemimpi. Buku kumpulan puisi karya penulis Kalimantan Barat. Bangganya :p


Kategori 3: Profesi
Lebih banyak belajar tentang Linguistik, bahasa lokal, Inggris, kepenulisan (fiksi, sejarah, travel, akademik, ilmiah, dan kontemporer)
Setelah kuliah dan mengajar saya sudah membaca buku berkenaan linguistik. Setelah membacanya saya semakin cinta pada ilmu bahasa. Di bahasa lokal, ya saya belum dapat menguasainya atau membaca referensinya dengan baik. Saat ini Melayu menjadi bahasa yang sudah saya dekati dan saya berharap dapat fokus belajar mengenai ini. Bahasa Inggris untuk dijadikan sebagai pendukung dalam profesi saya belum berjalan dengan baik, tapi saya sudah merasa senang karena pernah merasakan berada di lingkungan itu. Bertemu dan menjadi teman-teman yang merupakan orang hebat. Terutama teman di Excellence dan Top Indonesia. Di dunia penulisan, saya di tahun 2013 ini tidak terlalu banyak menulis :(. Tulisan saya yang fiksi masih dalam gabungan-gabungan, sejarah Tanjung belum tersentuh :(, tulisan perjalanan juga, apalagi berhubungan dengan akademik, dan ilmiah. Semoga 2014 ini saya dapat melaksanakanya.

Kategori 4: Publikasi
Kumpulan cerpen April
Bukan D Mes
Kumpulan kisah inspirator
Kumpulan kisah perjalnan
Akhirnya aku Sajana
Tanjoeng doelo dan kini
Bahasa dan etnis (dream)
Modul (dream)
Keche  (September)
Duet me nyeh
Duet me wak
Puisi; alam, bumi
Autografi

Ini adalah daftar buku yang ingin saya tulis. Hanya buku Skripsihisteria pengganti judul Akhirnya Aku Sarjana yang terealisasi.

Kategori 5: publikasi
Buku terbit lokal nasional
Gagasmesia, leutikaprio
Media
Gaul, story, nova, bobo
Media lokal:
Ptk post, borneo trbune
Blog

Luar biasa juga keinginan saya ini. Saya belum mengirimkan naskah novel di penerbit nasional. Tulisan saya yang terbit di majalah Story juga bukan cerpen, tetapi laporan atau berita sebagai Cekersnya Story. Tapi tulisan terbit di Story merupakan mimpi sejak kali pertama lihat Story di Tv. Akhirnya tulisan saya nerbit di media nasional. Ye yeye!
Cerpen di Pontianak Post juga sekali, artikel di Borneo pun minim :(
Kategori 6: komunikasi
Keluarga inti
Keluarga skrg
Keluarga bapak
Cen dedes
Lpm
Sosialiasi jaringan
Kelas b
Bahasa intonasi, kata-kata mimik
Penampilan
Positif thingking

Komunikasi ya berjalan, namun tidak terlau insten. Di keluarga sekarang saya merasa saya masih cuek L

Kategori 7: Healty
Pola makan
Pla minu
Sholat
Tahajud
Kerja
Bangun tidur
Liburan

Pola tidur lebih baik. Pola makan dan minum hanya bagus pada awal-awal tahun saja. Sholat volume baca doanya dikit L. Kerja lumayan banyak, tapi kemaksimalnya terasa tidak puas. Bangun tidur sudah baik, pukul 04.45 sekarang sudah celang.
Liburan? Cuma ikut keluarga.

Sekarang yang sedang dikawatirkan adalah tulang belakang. Rasa nyeri yang sempat hilang datang lagi. Kata dokter kebanyakan duduk. Cuma culasnya sudah dikasi resep, obatnya jarang diminum.

Sempat perbaaiki pola-pola ini untuk donor darah, ternyata belum waktunya. Darah masih rendah.


Ini resolusi 2013, tambahan: Satu bulan satu buku, atau ada rejeki banyak beli buku J
Tidak terlalu banyak, tapi Alhamdulillah tingkat belanja buku lebih baik dari sebelumnya. Kesadaran buku penting mulai meningkat.

Aaaa ngantuk. Cukup dulu lah mengenang resolusi 2013.

-,-

*tulisan ini sudah saya buat pada tanggal 1 Januari, karena modem menunjukkan ketidaksehatannya dan saya mengantuk. Akhirnya tersimpan saja.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Riwayat Hidup: Farninda Aditya

  DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI Nama Lengkap                            : Farninda Aditya NIP                                                                  : 199008242019032012 Jabatan                                                  : Penata Muda Tk.I, (III/b) Asisten Ahli Jabatan Tambahan                             : Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Dosen Pengampu                              : Mata Kuliah Bahasa Indonesia                                           Tempat/tanggal lahir                   : Mempawah, 24 Agustus 1990 Jenis kelamin                               : Perempuan Agama                                         : Islam Ruang                                                     : 210, Lantai II,  Gedung Prof. KH Saifuddin Zuhri GOOGLE SCHOOLAR             :   https://bit.ly/3lqX6US Silakan unduh dan sitasi pada       : MODERATION OF LANGUAGE IN A DIFFERENT FAMILY ENVIRONMENT (Language Moderation in The Multi-Ethnic Family Circumstances) | IC

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui jaringan ini, terkait media yang akan digunakan p

Bedences

Cuci Motor Bdences. Itulah nama tempat penyucian motor yang saya lihat di daerah Bakau Besar, Kabupaten Mempawah. Di sekitar tikungan, di dekat masjid. Tidak terlalu jauh setelah jembatan yang diperbaiki tahun lalu.   Baru kali ini melihat tempat cuci tersebut   setelah hampir tiga bulan tidak balik kampung. Saya menyimpulkan, tempat ini adalah baru. Namun, yang menarik dari perhatian saya bukan gambaran tempat penyucianya, bukan fasilitasnya, bukan orang yang sedang menyuci. Tapi, Bdences yang menjadi nama tempat pencucian ini.  Bdences mengingatkan saya dengan kata populer   yang digunakan remaja-remaja di Jalan Bawal. Bawal adalah nama gang yang ada di sekitar Pasar Sayur Mempawah.   Batasan-batasan jalan ini sempat saya tanyakan pada seorang teman yang tinggal di sana. Menurutnya Jalan Bawal I berada di samping Lapangan Tenis, Bawal II   berada di seberang Jalan menuju Pasar Sayur menyeberangi jalan menuju Tol Antibar. Bawal II berada   di belakang SD Negeri 1 Mempawah atau