Langsung ke konten utama

Seminar Bulanan Balai Bahasa Provinsi






Sudah bulan Maret. Kegiatan seminar bulanan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat akan dilaksanakan kembali. Seminar setiap bulan ini akan menyajikan makalah berkenaan kearifan lokal, tema yang telah ditentukan sebulan yang lalu. Rabu, 13 Februari 2013.

Keberagaman Sastra dan Budaya Lokal di Kalimantan  Barat itulah tema seminar di Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat bulan lalu. Pada seminar tersebut Musfeptial, S.S, M. Hum yang juga menjadi ketua panitia seminar menjadi pembentang. Beliau menyajikan makalah yang berjudul Kritik Sosial pada Kumpulan Puisi Sarang Enggang Mata Borneo. Ada 4 Puisi yang dibahas, puisi yang kesemuanya berkenaan dengan lingkungan ini. Dua diantaranya  Nano L. Basuki yang berjudul Ibu  dan Yang Terhormat Gubenur, Pay Jarot Sujarwo   dengan puisinya Menggambar Kalimantan dan Hikayat Lima Enggang oleh Wisnu Pamungkas. Puisi-puisi dari penulis Kalimantan Barat ini ditafsirkan, makna-makna yang terdapat dalam larik diartikan oleh Pak Mus dengan berbagai kritik sosial di dalamnya. 

Nama Diri Etnik Tionghoa di Kota Pontianak dibahas oleh Irmayani. Dari makalah tersebut pembentukan nama diri untuk orang Tionghoa diketahui, khususnya di kota Pontianak. Pemakalah menampilkan bagaimana pola pemberian nama yang terdiri dari unsur-unsur tertentu. Pemberian nama ini terdiri dari 1) berpola tiga unsur, 2) berpola dua unsure, 3) berpola satu unsur, 4) berpola empat unsur.  Contoh-contoh dari pola tersebut juga ditunjukkan, bagaimana bentuk nama apabila menggunakan tiga unsur, dua, dan sebagainya. Makalah ini memberikan penjelasan mengapa ada nama-nama orang Tionghoa yang berkombinasi baik nama seperti nama orang Indonesia, atau Eropa dan Amerika.

Khairul Fuad membahas tentang Eksoterik dan Esoteris dalam Perkembangan Sastra Islam di Kalimantan Barat. Perkembangan  penulis-penulis di Kalimantan Barat dilihatkan dari sejarah sastra yang ada. Periode-periode dari setiap penulis memiliki ciri khas yang berbeda dari penulis sesudah maupun sebelumnya.
Seminar yang diprakasai oleh peneliti dari Balai Bahasa ini tidak hanya menjadi seminar untuk mereka saja. Seminar kali ini menampilkan pemakalah yang berbeda setiap pertemuan. Pembentang tidak hanya dari Balai Bahasa saja tetapi peneliti dari instansi lain, atau penelitian yang tidak berhubungan dengan bahasa juga diajak bersama menampilkan hasil penelitian mereka. Makalah-makalah yang berkenaan dengan Sains pun akan diseminarkan. Begitulah kata Ketua Panitia.

Tentu saja seminar ini tidak sekedar menyajikan hasil penelitian tetapi juga mempertemukan para peneliti di Kalimantan Barat hingga seminar ini memberi pengetahuan yang lebih kaya. Saya sendiri merasa beruntung mendapatkan kesempatan tersebut, sebagai penulis pemula saya bisa belajar  mengenai penelitian dari para peneliti di Kalimantan Barat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui ...

UTS Bahasa Indonesia Kelas PAI

1. Bagaimana pendapat Anda tentang Pendidikan Agama Islam 2. Berikan pendapat ahli tentang Pendidikan Agama Islami. Minimal 3 pendapat boleh menggunakan bantuan buku, internet, dan sebagainya. 3. Berikan dalil yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam boleh hanya artinya saja dan berikan pendapat anda tentang dalil tersebut. 4. Bagaimana menurut anda kondisi  Pendidikan Agama Islam saat ini? 5. Bagaimana pendapat anda tentang Prodi Pendidikan Agama Islam sebagai lembaga pendidikan untuk masyarakat? 6. Apa harapan anda untuk Pendidikan Agama Islama Sat ini dan mendatang? 7. Tulis ulang jawaban anda, dari jawaban nomor 1 sampai 6 tanpa penomoran, silakan sesuaikan kata atau kalimat agar lebih. Beri judul sesuai dengan isi.  8. Jawaban nomor 1-6 tulis di Dokume  Word, kirim melalui Drive. Jawaban nomor 7 kirim melalui blog masing-masing dan tautan dikumpulkan pada grup WA. 

UTS Manajemen Dakwah

1. Bagaimana pendapat Anda tentang Manajemen Dakwah? 2. Berikan pendapat ahli tentang Manajemen Dakwah, Minimal 3 pendapat boleh menggunakan bantuan buku, internet, dan sebagainya. 3. Berikan dalil yang berkaitan dengan Manajemen Dakwah boleh hanya artinya saja dan berikan pendapat anda tentang dalil tersebut. 4. Bagaimana menurut anda kondisi Manajemen Dakwah saat ini? 5. Bagaimana pendapat anda tentang Prodi Manajemen Dakwah sebagai lembaga pendidikan untuk masyarakat? 6. Apa harapan anda untuk Manajemen Dakwah saat ini dan mendatang? 7. Tulis ulang jawaban anda, dari jawaban nomor 1 sampai 6 tanpa penomoran, silakan sesuaikan kata atau kalimat agar lebih. Beri judul sesuai dengan isi.  8. Jawaban nomor 1-6 tulis di Dokume  Word, kirim melalui Drive. Jawaban nomor 7 kirim melalui blog masing-masing dan tautan dikumpulkan pada grup WA.