Langsung ke konten utama

Ketikan Komputer Anak Sungai Terus





“Anak-anak antusias ya?, respon Azhari, ketua kelompok kami.

Sabtu itu, Azhari melihat siswa-siswi  kelas IV SD Negeri 32 Sungai Terus berkumpul di depan meja guru. Di kursi guru, saya duduk mengamati siswa yang menggunakan jari telunjuk kanannya untuk menekan huruf-huruf yang yang ada di keyboard.

Mata mereka mengamati hamparan huruf qwerty, jari-jari yang siap menekan tertahan di atas keyboard menunggu matanya memberi arah letak huruf yang diinginkan. Saat penantian itu tangan mereka tampak bergegar, bulir keringat kadang mengalir di jidat mereka. Belum lagi tampang bingung mereka semakin mejadi ketika teman-teman yang berkumpul berteriak kecil, menujukkan letak huruf yang diinginkan. Tidak hanya tuts huruf yang mereka cari tapi tulisan Backspace, Enter, Space, Caps Lock, Ctrl, Shift, dan tanda baca lainnya ikut membingungkan mereka. Tapi, tentu pencarian itu bagaikan pertualangan mata mereka dengan sesuatu yang baru. Personal Computer PC), Laptop.

Ya, Azhari benar. Anak-anak tampak sangat senang, bersemangat, bahkan ada yang tidak peduli dengan jam istirahat. Rasa ingin tahu ini tidak tercakup pada siswa-siswa kelas IV saja, saat istirahat siswa-siswa lainnya ikut berkumpul  melihat teman-temannya yang tak mau istirahat itu lanjut mengetik. Kepala mereka memanjang, mencari celah agar bisa melihat apa yang dilakukan temannya. Asal, tidak menganggu, saya tidak meminta mereka untuk pergi. Mereka juga ingin tahu, dan itu membuat mereka semakin lebih tahu memfungsikan computer jinjing ini.

Berdasarkan program kerja kami, kelompok 23, peserta KKL-PAR STAIN Pontianak. Kami membuat program untuk memfasilitasi siswa untuk belajar mengoperasikan Komputer.  Fasilitas ini diadakan di Sekolah dan di Posko. Setiap harinya ada kelompok-kelompok yang ke sekolah untuk masuk kelas. Program ke sekolah ini lebih diutamakan untuk memfasilitasi siswa mengoperasikan computer dan membuat karya tulis. Program ini dirasa membantu siswa untuk lebih mengenal teknologi computer, sehingga mereka tidak terlalu Gaptek alias Gagap Teknologi.

Atas bantuan pak Miharjarudin pembelajaran computer semakin lancar. Beliau menyediakan mouse dan keyboard untuk digunakan oleh siswa-siswa berlatih. Senangnya, siswa-siswa sangat cepat pandai. Mouse yang sebelumnya hanya mereka  sebutkan bersama dengan nada yang keras bisa mereka gunakan. Monitor  yang sebelumnya hanya saya gambarkan di papan tulis dapat mereka lihat secara langsung. Gambar Strat, Trun Off, Microsoft Word akhirnya bisa langsung mereka klik menggunakan Mouse. Tidak hanya sekedar pandai mengetik, mereka juga bisa menyimpan data yang mereka ketik, dengan mengklik gambar Disket atau menekan Ctrl S. Mengubah jenis, ukuran huruf, dan mewarnainya.

Senangnya bisa memandu siswa-siswa untuk belajar computer. Tidak perlu waktu yang terlalu lama untuk mengajarkan mereka. Hem wajar saja, sekarang sudah ada siswa-siswa yang menjadi peserta RME (Rumah Menulis Ekpresi) Posko 23 menulis karyanya sendiri di Laptop. Tulisan berjudul Jembatan Sungai Terus karya Risma Fajriati siswa kelas V telah di print dan dibaca oleh banyak orang. Tulisan karya Risma, ketikan Risma. Hem, senangnya bisa memandu siswa-siswa SD N 32, anak-anak dari Desa Sungai Terus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui ...

RPS Bahasa Indonesia

Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Bahasa Indonesia adalah Mata Kuliah Umum (MKU) yang berisi materi kebahasaan yang menunjang Kompetensi pedagogik, Kompetensi kepribadian, Kompetensi sosial, Kompetensi profesional mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dalam bidang sebagai calon pendidik. Materi meliputi; Hakikat dan kedudukan Bahasa Indonesia, Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia, Ejaan yang Disempurnakan (EyD), Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia secara Lisan dan Tulisan (Bahasa Indonesia yang baik dan benar), Dasar-Dasar Mengarang (Ragam, fungsi dan diksi bahasa Indonesia, Pemanfatan kamus bahasa indonesia (Bahasa Baku), Pemanfaatan kamus dan tesaurus, Ragam bahasa ilmiah lisan dan tulisan, dan demonstrasi berbahasa Indonesia RPS Bahasa Indonesia   1.     Aditya, F. (2018). Forms And Meanings Of Traditional Foods In Tanjung Village Community, Mempawah, West Kalimantan. Khatulistiwa , 8 (2). https://doi.org/10.24260/khatulistiwa.v8i2.1161 2.   ...

Daftar Riwayat Hidup: Farninda Aditya

  DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI Nama Lengkap                            : Farninda Aditya NIP                                                                  : 199008242019032012 Jabatan                                                  : Penata Muda Tk.I, (III/b) Asisten Ahli Jabatan Tambahan                             : Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Dosen Pengampu                ...