Langsung ke konten utama

Tentang Kita

Seorang kenalan, bertanya, "cie-cie buat aku ada kagak?".
Dia yang biasa menyapa saya dengan "Mbo'"  entah apa yang membuatnya memanggil saya dengan sapaan itu, mungkin ini, mungkin itu. Ah dia punya alasan sendiri.

Pertanyaan itu diajukannya, ketia saya menjawab pertanyaann mengenai apa yang saya lakukan saat itu. Kebetulan, saya sedang membuat tulisan mengenai duo musisi Indonesia yang baru saja datang ke Hotel Mercure dalam acara LA Lights, Meet the Experts. Keberuntungan, saya hadir diacara itu. Kagum dengan penampilan EndahNRhesa membuat saya ingin mengabadikan pengalaman itu melalui tulisan.

Pertanyaan teman ini membuat saya langsung tersenyum. Saya pun menjawab pertanyaannya dengan "semua tentang kita", tiba-tiba teringat dengan lagunya Peterpan.

Seperti biasanya, dia memberi emotion( :P ) dia bilang, Tentang Kita, lagunya saja. Lagunya bersama bandnya. Teman ini juga vokalis di band yang diberi nama Not Name itu.

Beberapa bulan terakhir, bisa dikatakan saya sering berkomunikasi dengan kenalan ini. Ya. meski cuma komunikasu jarang jauh, Sms, dan jejaring sosial. Tapi sebelumnya, saya memang biasa menyapanya melalui media tersebut, meski sekedar say hello.

Saya mengenalnya, jikalau tidak salah satu tahun. Hari itu dia bersama teman-temannya datang untuk menghadiri lomba Majalah dinding 3 dimensi yang diadakan oleh organisasi yang saya geluti, LPM STAINed Pontianak. Hari itu, saya berdecak kagum melihat loyalitas yang diperlihatkan oleh dia dan teman-temannya. Dari beberapa peserta yang ikut, hanya kelompok mereka lah yang datang bersama teman-teman lainnya. Teman yang bukan satu kelompok di pertandingan itu. Jika bukan datang untuk memberi semangat pada temannya apa lagi?

Selain itu, saya memang lebih merasa bahwa kelompok mereka lah yang banyak saya ajak bicara. Mereka Komunikatif, begitulah istilahnya. Kenalan ini adalah siswa di salah satu SMK yang mempunyai jurusan di bidang IT. Mengetahuinya, mungkin itu  yang menyebabkan obrolan saya bersama mereka lebih panjang.

Keakraban saya dengan kelompok dari sekolah kenalan ini, diabadikan pula dalam sesi foto-foto. Hahaha, jika ingat itu, malu sendiri juga saya, kok bisa ya, saya jadi sok akrab sama mereka. Tapi mengingat itu pula, membuat saya merasa bersyukur, sebab saya menemukan kenalan yang lebih banyak. Hingga komunikasi itu berlanjut.

Komunikasi ini berlanjut juga atas campur tangan jejaring sosial tadi. Melalui Facebook atau Twitter, hingga suatu hari saya berkomunikasi dnegannya melalui telepon seluler.

Banyak cerita yang sudah kita bahas. Banyak hal yang ditertawai. Banyak juga waktu yang sudah lewat sejak Mei ditahun 2011 itu.

Hari ini, saya dan kenalan ini malah bisa berkomunikasi dengan baik. Padahal waktu itu, saya hanyalah panitia acara yang berusaha untuk tidak sombong :). Dan ternyata, keakraban itu masih saya rasakan hari ini.

Suatu pertemuan kadag bisa dilanjutkan, kadang tidak. Kadang juga hanya berjalan setengah jalan, kemudian hilang, tidak  memiliki kenangan. Lupa, semudah itu lupa.

Seperti yang dikatakan oleh kenalan ini beberapa hari yang lalu.

"Mungkin akan lupa sama aku, kalau nanti sudah lulus"

Ya, semoga itu tidak pernah terjadi. Saya sudah sangat senang bisa berteman dengannya. Saya merasa komunikasi ini bisa membantu meirngankan pekerjaan saya sehari-hari. Mempunyai teman bercerita itu mengasyikkan. Ya apalagi memberi respon yang baik, tidak perlu ada sesi meminta saran, menjadi pendengar saja sudah menyenangkan.

Memang tidak mendengar cerita tentang masalah yang urgen, atau lumayan serius, atau privasi. Tapi sekedar menerima cerita yang cuma lelucon belaka itu sudah sangat membantu.


Tulisan ini, saya buat untuk mengabadikan cerita tentang kita. Suatu keakraban yang saya rasa tidak terduga.


Komentar

NATURAL mengatakan…
fotonya bikin penasaran....

Postingan populer dari blog ini

Daftar Riwayat Hidup: Farninda Aditya

  DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI Nama Lengkap                            : Farninda Aditya NIP                                                                  : 199008242019032012 Jabatan                                                  : Penata Muda Tk.I, (III/b) Asisten Ahli Jabatan Tambahan                             : Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Dosen Pengampu                              : Mata Kuliah Bahasa Indonesia                                           Tempat/tanggal lahir                   : Mempawah, 24 Agustus 1990 Jenis kelamin                               : Perempuan Agama                                         : Islam Ruang                                                     : 210, Lantai II,  Gedung Prof. KH Saifuddin Zuhri GOOGLE SCHOOLAR             :   https://bit.ly/3lqX6US Silakan unduh dan sitasi pada       : MODERATION OF LANGUAGE IN A DIFFERENT FAMILY ENVIRONMENT (Language Moderation in The Multi-Ethnic Family Circumstances) | IC

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui jaringan ini, terkait media yang akan digunakan p

Bedences

Cuci Motor Bdences. Itulah nama tempat penyucian motor yang saya lihat di daerah Bakau Besar, Kabupaten Mempawah. Di sekitar tikungan, di dekat masjid. Tidak terlalu jauh setelah jembatan yang diperbaiki tahun lalu.   Baru kali ini melihat tempat cuci tersebut   setelah hampir tiga bulan tidak balik kampung. Saya menyimpulkan, tempat ini adalah baru. Namun, yang menarik dari perhatian saya bukan gambaran tempat penyucianya, bukan fasilitasnya, bukan orang yang sedang menyuci. Tapi, Bdences yang menjadi nama tempat pencucian ini.  Bdences mengingatkan saya dengan kata populer   yang digunakan remaja-remaja di Jalan Bawal. Bawal adalah nama gang yang ada di sekitar Pasar Sayur Mempawah.   Batasan-batasan jalan ini sempat saya tanyakan pada seorang teman yang tinggal di sana. Menurutnya Jalan Bawal I berada di samping Lapangan Tenis, Bawal II   berada di seberang Jalan menuju Pasar Sayur menyeberangi jalan menuju Tol Antibar. Bawal II berada   di belakang SD Negeri 1 Mempawah atau