Langsung ke konten utama

Mesti apa ya?

Dari tadi malam saya sudah menyusun rencana apa yang akan saya lakukan untuk menghabiskan waktu malam Minggu dan hari Minggu. Hingga semua itu berhasil dengan presentase mungkin 50%. Daftar kegiatan yang muncul di otak saya kemarin adalah:
1. Buat Tulisan
2. Buat Tugas
3. Buat Laporan
4. Buat ancang-ancang Judul

Dan yang saya lakukan.
1. Buat Tulisan

Ya saya benar-benar buat tulilsan, ini di postingan ini. Meski sebenarnya bukan ini yang ingin saya buat. Ada ide lain, kalau nasib bujur saya buat lah setelah postingan ini. Jika tidak, lagi saya gagal!.Sebenarnya saya tidak mau mengeluh, sebab saya menyadari bahwa saya lemah. Lemah dalam memanej diri saya sendiri. Ini bisa membuat kepala saya tiba-tiba berat, bisa jadi seberat Gunung Peniram. Jika begitu yang ada saya akan membaringkan kepala. Melihat ke atas, menerawang langis kamar dan m koenghitung segi empat dari triplek yang menjadi dek kamar. Setelah itu, kening saya mengerut dan berhasil menambah pening di kepala. Nasib!.

2. Buat Tugas

Hem ini yang membuat saya menjadi semakin sensi pada diri. Bisa ya saya begini. Beuh! menyebalkan sekali.

3. Buat Laporan
Hah! hanya ini yang bisa membuat saya sedikit membuang berat pemikiran di otak saya. Hemm omong-omong soal otak. saya seddang merasa lelah-lelahnya ini gudang pemikir. Hingga akhirnya saya mencari tahu nutrisi apa yang baik untuk otak. Tahukah kamu ternyata itu makanan-makanan yang sering saya makan di rumah. Tapi Kok? huh... :(

Ini nih yang saya dapatkan:


Sel-sel otak ternyata membutuhkan dua kali energi dari sel-sel lain dalam tubuh, Dimana nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga fungsi otak dan kemampuan mental, seperti fokus, memori dan konsentrasi.
Menurut The Franklin Institute, Untuk membantu anda tetap fokus, anda memerlukan makanan yang kaya zat besi, vitamin B folat, karbohidrat kompleks dan asam lemak esensial.
Zat besi
Hubungan antara tingkat zat besi dalam tubuh dan kemampuan otak untuk fokus pertama kali diteliti pada tahun 2001. Makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu berkonsentrasi dan fokus.
Makanan kaya zat besi antara lain roti gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, daging, unggas, dan sereal-pasta.
Folat
Folat adalah vitamin B yang diperlukan untuk sintesis asam nukleat dan rantai asam lemak panjang yang penting untuk fungsi otak. Bagi wanita hamil, makanan yang kaya folat seperti melon, pisang, jus jeruk, strawberry, lemon, bayam, asparagus, kacang kering, kacang polong split, sereal dan nasi itu sangat penting. Jika ibu hamil kekurangan folat, itu dapat meningkatkan resiko bayi terlahir cacat.
Vitamin B-6
Vitamin B-6 adalah makanan otak yang sehat karena jenis vitamin ini bisa mengubah protein makanan menjadi asam amino yang diperlukan untuk produksi dan sintesis neurotransmiter dopamin dan serotonin. Menurut ahli diet, ketiga zat tersebut yang membuat otak tetep fokus dalam waktu lama.
Makanan kaya vitamin B-6 antara lain selai kacang, kenari, kedelai, kacang, oatmeal, biji bunga matahari, jus tomat, ikan tuna, telur, ikan, daging sapi, ayam dan kentang.
Antioksidan
Buah-buahan segar dan sayuran dapat menjaga oksigen mengalir menuju otak sehingga bisa membantu untuk fokus. Makanan yang memiliki kandungan antioksidan antara lain anggur, delima, kiwi, ceri, blueberry, jeruk, lemon, nanas dan jeruk. Sayuran yang kaya antioksidan yaitu cabai, kangkung, dan kubis merah.
Glukosa
Bahan bakar yang hanya sel-sel otak Anda gunakan adalah glukosa. Glukosa bisa diperoleh dari karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal dan gandum produk roti. Makanan ini merupakan bagian penting dari nutrisi otak. Karena, otak tidak dapat menyimpan glukosa dan membutuhkan pasokan konstan dari darah.

Asam Lemak omega-3

Otak Anda membutuhkan asam lemak omega-3 untuk memperkuat hubungan antara sel-sel. Makanan-makanan ini adalah makanan otak yang penting karena tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3. Anda bisa menemukan kandungan zat ini pada ikan, kenari dan biji rami.



http://fbifm.com/livestyle/makanan-nutrisi-untuk-otak/

4. Buat Acang-ancang Judul
Ancang-ancang berasal dari keluarga saya. Tidak bisa yang jelaskan kata ini berasal dari kata apa dan diadiopsi menjadi apa hingga begini jadinya. Saya tidak tahu yang saya tahu, ancang-ancang saya dapatkan dari keluarga saya, orang-orang di kampung saya. Hingga saya tahu dalam pemaknaan Indonesia Ancang-ancang sama dengan mencoba mempersiapkan. Lebih pada tidak siap, lebih pada berusaha untuk siap. Gitu kali ya? Heheheh.
 Mulai mendapat gambaran tapi sangat maya, hadeh!!!


Hadeh, tu kan saya ngantuk lagi. Tidur di jam-jam 9 - 10-11 malam sekarang rasanya menjadi musuh besar. Tidur awal membuat saya tidak banyak melakukan kegaitan yang mulanya saya rencanakan. Lagi, saya tidak bisa memanaj dengan baik.

Senyum sumringah yang banyak aja lah

:) :) :) :D :D




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Riwayat Hidup: Farninda Aditya

  DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI Nama Lengkap                            : Farninda Aditya NIP                                                                  : 199008242019032012 Jabatan                                                  : Penata Muda Tk.I, (III/b) Asisten Ahli Jabatan Tambahan                             : Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Dosen Pengampu                              : Mata Kuliah Bahasa Indonesia                                           Tempat/tanggal lahir                   : Mempawah, 24 Agustus 1990 Jenis kelamin                               : Perempuan Agama                                         : Islam Ruang                                                     : 210, Lantai II,  Gedung Prof. KH Saifuddin Zuhri GOOGLE SCHOOLAR             :   https://bit.ly/3lqX6US Silakan unduh dan sitasi pada       : MODERATION OF LANGUAGE IN A DIFFERENT FAMILY ENVIRONMENT (Language Moderation in The Multi-Ethnic Family Circumstances) | IC

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui jaringan ini, terkait media yang akan digunakan p

Bedences

Cuci Motor Bdences. Itulah nama tempat penyucian motor yang saya lihat di daerah Bakau Besar, Kabupaten Mempawah. Di sekitar tikungan, di dekat masjid. Tidak terlalu jauh setelah jembatan yang diperbaiki tahun lalu.   Baru kali ini melihat tempat cuci tersebut   setelah hampir tiga bulan tidak balik kampung. Saya menyimpulkan, tempat ini adalah baru. Namun, yang menarik dari perhatian saya bukan gambaran tempat penyucianya, bukan fasilitasnya, bukan orang yang sedang menyuci. Tapi, Bdences yang menjadi nama tempat pencucian ini.  Bdences mengingatkan saya dengan kata populer   yang digunakan remaja-remaja di Jalan Bawal. Bawal adalah nama gang yang ada di sekitar Pasar Sayur Mempawah.   Batasan-batasan jalan ini sempat saya tanyakan pada seorang teman yang tinggal di sana. Menurutnya Jalan Bawal I berada di samping Lapangan Tenis, Bawal II   berada di seberang Jalan menuju Pasar Sayur menyeberangi jalan menuju Tol Antibar. Bawal II berada   di belakang SD Negeri 1 Mempawah atau