Langsung ke konten utama

Flasback/Resolusi


RESOLUSI AKHIR TAHUN

Sebelumnya saya tidak pernah membuat tulisan tentang resolusi atau flashback time selama ini. Tapi, karena banyak sekali yang membicarakan hal ini, saya jadi tertarik juga. Saya mau iku-ikutan juga, biar keren. Saya perhatikan orang-orang yang membicarakan hal-hal seperti ini bisa sukses dengan sangat baik.

Dulu, saya tidak tahu apa itu resolusi. Bahkan saya juga baru tau ada istilah ini. betapa malangnya nasib saya. Meski saya belum pernah ke Malang.

Apa yang saya alami selama satu tahun ini?
Banyak sekali. Berat badan saya juga ikut berubah. 
Saya sangat merasakan perubahan yang luar biasa pada diri saya. Terutama di dunia kepenulisan. Di akhir tahun Desember  2010, saya benar-benar melihat karya saya dalam kumpulan tulisan berbentuk buku. Tahun 2010 itu, ada tiga karya: Kumpulan cerpen Islami, Untuk Satu Mimpi, Bugis Perantauan,dan Pendidik di Kalimantan Barat.

Semenjak itu, saya merasakan adanya rasa percaya diri timbul pada diri saya. Saya sudah merasa bahwa jalan hidup saya sudah bisa saya arahkan dengan baik. Dulu saya tidak tahu mana barat, selatan, utara, barat daya dan sebagainya, makanya saya tidak tahu bagaimana mengarahkan diri. Hingga akhirnya sampai sekarang pun saya tidak tahu, bagaimana membedakan arah-arah itu. Pakai kompas, rasanya percuma, saya tetap saja buta arah. 
Saya pikir-pikir lagi tentang apa yang terjadi pada diri saya selama satu tahun ini. Rasa-rasayan saya sudah bisa terbang di awan-awan. Terus kejutkan si penunggu awan, biar dia kasih kita uja. Heleh, kagak nyambung.

Saya tidak bisa menentukan kapan-kapan perubahan itu. Kapan saya normal jadi perempuan, kapan berubah normal jadi laki-laki. Atau, kapan saya jadi Pocong atau Kuntilanak, jadi wewe gombel. Hahahahaha. Lariiiii.

Tidak pasti kapan. Tapi perbedaan yang saya alami di tahun ini adalah:

Saya ikut membimbing siswa mengarang dalam kampanye kepenulisan
Saya ikut menyusun karya tulisan siswa MTs Negeri 2 dalam bentuk buku
Saya ikut membimbing guru-guru membuat email dan blog
Saya dapat honor memandu dan bisa beli jangpium, alias laptop saya ini
Saya termasuk dalam daftar mahasiswa mendapat beasiswa dari Club Akademik, Club Menulis
Saya dan Club ada di halaman khusus Tribune Pontianak, ada profile mini saya
Saya juga ikut menulis di enam dari tiga belas buku Club yang terbit
Saya punya modem Flash
Saya ikut jadi pemateri menulis cerpen di Borneo Tribune
Saya menjadi bagian dari penulis Selaksa Makna Ramadhan, Untuk Sahabat, penerbitan Leutika Prio Jogjakarta
Saya jadi coordinator Club Menulis STAIN Pontianak
Saya ikutan nulis di Tionghoa Kalimantan Barat
Saya ikutan nulis di buku Melayu Borneo Tribune Pontianak
Saya PPL I alias pembelajaran.  Menegangkan.
Saya ganti kamar
Saya PPL II, PPL di sekolah SMP 8 Paris. Januari ini saya ujian
Saya kenal sama anak PPL untan yang baik hati
Saya bisa pakai high helss, meski lebih banyak pegalnya
Saya sudah sering pakai rok
Saya tukar hp sama gita, dan berhasil hp itu rusak
Saya ganti Hp samsung
Saya tidak perhatian sama LPM, saya jahat
saya tidak perhatian sama skripsi
Saya tidak perhatian sama body muka dan putih
Saya tidak perhatian sama beberapa teman dekat, sok sibuk.
Saya tetap pulang sore, saya kerja di Club
Say tidak perhatian sama The Master, The Master jelek tampangnya
Saya tetap telat bayar pajak motor
Saya bawa lari sandal jepit orang
Saya sudah bisa pakai alas kerudung
Saya bisa nari ketek
Saya bisa nari jelangkung
Saya sudah ke rindu alam, dalam perjalanan saya terus-terusan berdoa, karena gas motor sudah full, habis
Saya bisa beli buku sendiri,
Saya beli majalah story terus
Saya sudah bisa jilid buku
Saya punya kamar yang selalu berdebu
Saya kehialangan bunda-bunda saya
Saya belikan mak hadiah
Saya berhasil buat kakak jadi penulis

HHHHHHH begitulah hal-hal yang saya ingat.

Ini dululah. Resolusinya apa ya?
Udah nempel di dinding kamar dari bulan Desember, tapi malu ah *sok feminim ya?


Kamu gimana?.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Riwayat Hidup: Farninda Aditya

  DAFTAR RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI Nama Lengkap                            : Farninda Aditya NIP                                                                  : 199008242019032012 Jabatan                                                  : Penata Muda Tk.I, (III/b) Asisten Ahli Jabatan Tambahan                             : Sekretaris Prodi PIAUD FTIK IAIN Pontianak Dosen Pengampu                              : Mata Kuliah Bahasa Indonesia                                           Tempat/tanggal lahir                   : Mempawah, 24 Agustus 1990 Jenis kelamin                               : Perempuan Agama                                         : Islam Ruang                                                     : 210, Lantai II,  Gedung Prof. KH Saifuddin Zuhri GOOGLE SCHOOLAR             :   https://bit.ly/3lqX6US Silakan unduh dan sitasi pada       : MODERATION OF LANGUAGE IN A DIFFERENT FAMILY ENVIRONMENT (Language Moderation in The Multi-Ethnic Family Circumstances) | IC

Pertemuan 1: Magang 1

    Assalamualaikum, ww.   Halo kawan-kawan mahasiswa. Selamat telah sampai pada level ini. Selamat sudah masuk sampai perkuliahan Magang 1. Selamat juga berhasil menyelesaikan ritme perkuliahan melalui Daring selama ini. Kalian semua hebat.   Pada perkuliahan Magang1, saya Farninda Aditya dimanahkan untuk mengampu mata kuliah ini. Bagi yang sudah pernah bertemu dengan saya pada mata kuliah sebelumnya, Bahasa Indonesia terutama, tentu sudah paham bagaimana gaya pembelajaran saya.    Menulis adalah yang Utama. Disiplin adalah Aturan. Komunikasi adalah Penyelamat.  Sebelum membahas tentang Apa itu Mata Kuliah Magang?, perkenankan saya menjelaskan cara belajar kita.   Pertama,  Media . Media utama yang digunakan adalah WhatsAap, e-Leraning, Google Meet, Youtube, Instagram, dan Blog.   Media berkomunikasi adalah WhatsAap dan pembelajaran adalah e-Learning. Jadi, segala informasi akan saya sampaikan sebelumnya melalui jaringan ini, terkait media yang akan digunakan p

Bedences

Cuci Motor Bdences. Itulah nama tempat penyucian motor yang saya lihat di daerah Bakau Besar, Kabupaten Mempawah. Di sekitar tikungan, di dekat masjid. Tidak terlalu jauh setelah jembatan yang diperbaiki tahun lalu.   Baru kali ini melihat tempat cuci tersebut   setelah hampir tiga bulan tidak balik kampung. Saya menyimpulkan, tempat ini adalah baru. Namun, yang menarik dari perhatian saya bukan gambaran tempat penyucianya, bukan fasilitasnya, bukan orang yang sedang menyuci. Tapi, Bdences yang menjadi nama tempat pencucian ini.  Bdences mengingatkan saya dengan kata populer   yang digunakan remaja-remaja di Jalan Bawal. Bawal adalah nama gang yang ada di sekitar Pasar Sayur Mempawah.   Batasan-batasan jalan ini sempat saya tanyakan pada seorang teman yang tinggal di sana. Menurutnya Jalan Bawal I berada di samping Lapangan Tenis, Bawal II   berada di seberang Jalan menuju Pasar Sayur menyeberangi jalan menuju Tol Antibar. Bawal II berada   di belakang SD Negeri 1 Mempawah atau